//
you're reading...
Multivariat

Analisis SEM

Pertama kali yang harus dipertanyakan ketika akan menggunakan analisis ini adalah, Apakah dengan alat analisis ini sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian kita?

Pada dasarnya SEM (Structural Equation Model) adalah salah satu teknik multivariat yang akan menunjukkan bagaimana cara merepresentasikan suatu seri/deret hubungan kausal (causal relationship) dalam suatu diagram jalur (path). Nah, disini maksudnya gimana? nih masih bahasa buku banget. Lalu apa bedanya analisis SEM dengan analisis yang lain, misal Analisis Jalur(Path Analisis), Analisis Faktor, Analisis Regresi, dan sejenisnya?
Secara gampanganya banyak yang bilang kalo bedanya jalur dan SEM itu pada penggunaan variabelnya yang dianalisis. kalo SEM itu variabel latent, sedangkan Jalur itu non Latent.
Tapi kalo ditinjau ulang, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Karena banyak penelitian sosial variabelnya itu merupakan variabel latent.
Lalu apa yang membedakannya? Sekali lagi, perlu ditegaskan bahwa dalam menggunakan alat analisis kita harus berangkat dari masalah dan tujuan penelitian yang hendak kita jawab. So, kita bisa menggunakan alat analisis tersebut dengan tepat tanpa mubazir tenaga waktu dan pikiran.

Apa yang bisa dijawab dengan analisis SEM ini? sebelum menjawab pertanyaan ini, mungkin jika ditelaah, di dalam SEM sendiri terdapat analisis regresi, analisis faktor, dan analisis jalur. Dalam SEM juga dikenal ada dua model estimasi yaitu ada model pengukuran dan model struktural. Kemudian selain itu juga ada uji validitas dan reliabilitas model, dan pengujian mengenai kecocokan model yang kita buat.

Mungkin terlepas dari bagaimana langkah-langkah untuk meggunakan alat analisis ini, (yang mungkin akan kita bahas pada tulisan yang lain), pada paragraf diatas telah disebutkan bahwa dalam sem juga mengandung analisis faktor dan analisis jalur, sehingga permasalahan penelitian yang bisa dijawab melalui alat analisis ini adalah selain mengenai hubungan yang terjadi diantara variabel laten itu sendiri, juga mengenai bagaimana peranan indikator (atau yang kita sebut variabel observasi) terhadap variabel laten. Jadi secara simultan kita selain mendapatkan informasi mengenai hubungan juga mendapatkan informasi mengenai struktur dari masing-masing variabel laten tersebut.

Ini tulisan pertama mengenai SEM, mungkin sedikit sekali informasi yang didapat. InsyaAlloh ditulisan-tulisan mendatang akan dikupas lagi secara terstruktur dan lebih jelas mengenai anlaisis SEM ini. karena penulis merasa analisis SEM ini banyak berperan dalam penelitian-penelitian sosial yang menghendaki pembahasan tidak hanya mengenai hubungan antara variabel saja. Akan tetapi juga bagaimana pembentukan dari variabel-variabel tersebut, karena notabene memang variabel-variabel tersebut merupakan variabel laten.
Jika ada yang kurang jelas atau ingin menyampaikan saran dan kritik silahkan mengisi comment atau kirim email anda ke andiojay@yahoo.com

About these ads

About agung andiojaya

Seseorang yang selalu ingin menjadi yang terbaik,, dalam kubangan yang selalu ideal,, tapi selalu dihadapkan pada segala kekurangan,,, idealis yang selalu terbentur dengan realistis,,,

Diskusi

7 thoughts on “Analisis SEM

  1. Mas tolong jelasin lebih jauh lagi dunk mengenai Lisrel. Soalnya saya sedang mengerjakan TA neh, terimakasih,

    Posted by statistisi baru | Juli 20, 2009, 3:35 pm
  2. blajar super duper qlat nie….

    T.T

    Posted by pee | Juli 29, 2009, 1:04 pm
    • lha piye mbak akhirnya?tapi masih kekejar kan,,,,^_^..
      optmis mbak bisa,,,untuk meyakinkan mbak mengenai penggunaan analisis jalur untuk variabel2 laten, coba share dengan ulpha n iqbal kayak e mereka pake var nya laten tapi analisis nya jalur. Pembimbingnya pak agus lagi…heheh….
      Cuman setauku seh yo koyo ngono,,tergantung pertanyaan penelitian yang sedang ingin kita jawab.

      Posted by agung andiojaya | Juli 29, 2009, 5:01 pm
  3. bisaaa jelasin lebih lanjut ndak tentang SEM iniii???
    bahan baca paperku tentang iniii,, tp belum bisa mengerti mpe skrg

    memang ada juga yaa tntg model hipotesis di SEM ini???

    Posted by idha | April 2, 2011, 3:48 pm
    • Maaf baru balas, kita menggunakan analisis SEM itu harus dipertimbangkan terlebih dahulu tujuan dari penelitian kita sampai sejauh mana. Jangan-jangan hanya dengan analisis jalur saja sudah terjawab..^^… Nah, oleh sebab itu, sebelum menjawab pertanyaan pertamanya, misalnya bingungnya dimana. Mungkin bisa diperjelas dahulu titik yang belum mengertinya dimana yang berkaitan dengan peneltian Anda.
      Kemudian untuk pertanyaan yang kedua, model hipotesis yang dimaksud adalah model yang kita bangun berdasarkan teori yang telah ada. Untuk itu, mengapa ada penelitian adalah untuk menguji apakah model hipotesis yang kita buat itu didukung sepenuhnya oleh data (Hasil uji model).

      Posted by agung andiojaya | April 27, 2011, 1:45 am
  4. maaf mestinya selain penjelasan tentang SEM diberi contoh-contoh kongkrit .(penulis pemula) Thanks you

    Posted by ahmad juri | Agustus 7, 2012, 2:53 pm
    • Terimakasih mas Ahmad Juri,,sebenarnya dulu rencananya akan ada tulisan lanjutan untuk SEM nya, tahap demi tahap. Tapi berhubung belum bisa konsen untuk menuangkannya, jadinya ya kelewat terus..^^,,

      Posted by agung andiojaya | Agustus 9, 2012, 1:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: