//
you're reading...
Komputer

Bagaimana meremove/menghilangkan virus pchiez.exe

Seperti virus-virus yang lainnya, pchiez.exe menyerang komputer korban yang innocent(hehe…bercanda). Ketika komputer terkena virus ini sih tidak menunjukkan gejala apa-apa, akan tetapi ketika sebuah flashdisk dihubungkan ke komputer ini, jegerrrrrrrrr,,,,,berubahlah semua folder menjadi icon shortcut. Langkah P3K nya malah pada anda sendiri, diharapkan anda tetap calm down dan cool. Karena sebenarnya folder-folder anda itu di super hidden oleh si virus tersebut.

Bagi anda yang buta sama sekali dengan komputasi, tidak usah berkecil hati, anda bisa menggunakan jasa-jasa antivirus gratisan yang banyak beredar saat ini. Dibutuhkan lebih dari satu antivirus untuk mendeteksi dan menghilangkan virus ini, karena memang tidak ada antivirus yang sempurna, dan ketidak sempurnaan itu akan di tutupi oleh antivirus yang lain (ceilee kayak ceramah aja). Nah bagaimana caranya?

Penulis mencoba menggunakan smadav, avg 8.5, dan prevx 3.0. semua menggunakan yang versi gratisannya. Pada saat komputer penulis under attack by pchiez, antivirus yang terpasang smadav dan avg 8.5, keduanya awalnya gak bisa mendetek kehadiran itu virus, akan tetapi ketika si avg 8.5 nya udah diupdate, ia mendetek anakanya di document and setting aja tapi tidak membersihkan yang ada diregistry. Tapi untungnya wujudnya itu kelihatan ketika task manager dibuka dan lihat di process nya akan terlihat satu aplikasi bernama pchiez.exe berjalan dengan menggunakan resource CPU sekitar 40%-50%. Ini sudah gejala awal.

Maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa system restore windows mati. Caranya udah tau kan (searching aja di google). kemudian pikirkan cara bagaimana meng-kill itu process. Awalnya penulis gunakan smadav karena di end process by task manager gak bisa-bisa. Akan tetapi eng ing eng,,,smadavnya malah send don’t send alias error. Jadi sekali lagi penulis tanya ke mbah google tentang peruntungan penulis untuk meremove virus ini dengan ketik reg spasi ramal (halah jangan diikuti ini). Akhirnya ketemu juga sama yang namanya prevx 3.0, sayangnya ini setengah berbayar. Jadi fitur scannya gratis tapi untuk meremove pchiez.exe, antivirus ini malah minta saweran alias harus beli yang versi berbayarnya, dasar tuh antivirus setengah-setengah kalo mau nolong orang (catatan : kalo anda mau nolong orang jangan setengah-setengah ya…).

Tapi penulis gak kehabisan keberuntungan, coba didownload lalu di install then penulis coba scan, dan eng..ing..eng…..dapat tuh semua virus dan anaknnya plus value registry yang diubah sama tuh virus. Nah kok ya beruntungnya lagi, ketika buka task manager, si pchiez ini berhenti aktivitasnya. So langsung aja di kill pake smadav, coz ketika langsung pake task manager, gak mau juga di end process. Nah setelah itu, scan lagi deh pake avg 8.5, dapet tuh virus2nya dan perbaiki lagi registrinya. Yah sampai disini alhamdulillah komputer kembali segar seperti sediakala. Dan flashdisk yang dicolok pun akhirnya aman sentosa. O ya untuk memunculkan lagi folder-folder yang sudah di super hidden oleh si virus, pake saja smadav. Oke sampai ketemu lagi di begi-bagi pengalaman selanjutnya,,,,(Andiojaya, 20 Oktober 2010, 05.30 am)

About Agung Andiojaya

Simple is better,,, Semoga dengan kesederhanaan ini aku bisa menjadi Hamba yang mendapat Rahmat-Mu dan menjadi hamba yang bermanfaat bagi alam yang Engkau ciptakan.

Diskusi

One thought on “Bagaimana meremove/menghilangkan virus pchiez.exe

  1. trims gan,,,mantabs,,,

    Posted by asyik | Oktober 20, 2010, 5:45 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: