//
you're reading...
Beasiswa, LPDP

Berjuang dengan Beasiswa LPDP: Tes Kesehatan

Diantara syarat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah kita harus menyediakan surat keterangan berbadan sehat (SKBS), surat keterangan bebas narkoba (SKBN), dan bagi pelamar beasiswa dengan tujuan luar negeri harus menyediakan satu tambahan surat keterangan bebas TBC.

Pada tautan sebelumnya : Berjuang dengan Beasiswa LPDP: Pendaftaran, alhamdulillah setelah saya dapat hasil toefl pas-pas an buat daftar. Selanjutnya pada pekan berikutnya saya mencoba mengurus ketiga surat kesehatan tersebut. Saya harus kejar-kejaran dengan waktu karena penutupan pendaftaran LPDP ini pada tanggal 26 Januari 2016. Dengan berbekal izin dari atasan untuk pengurusan surat ini, sholat dhuha sebelum berangkat jangan lupa biar lancar, dan motor pinjaman teman biar fleksibel jadilah saya pergi ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Cikini. Saya berangkat dari kantor pukul 09.00 dan tiba di RSCM sekitar pukul 09.30.

Sesampainya disana saya bingung mau ngurus suratnya dimana, saya coba tanya ke bagian informasi. Beliau menjelaskan bahwa RSCM tidak bisa mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba dan TBC. Beliau mengarahkan ke RS Gatot Subroto. Mengingat jam sudah menunjukkan pukul 10.00, saya ragu apakah akan ditempuh hari ini atau besok. Tapi Bismillah, saya lakukan hari yang sama juga. Karena mumpung kerjaan kantor juga sedang longgar.

Saya putuskan meluncur ke RS Gatot Subroto, dan alhamdulillah petugas resepsionis disana sangat ramah (sayang saya lupa namanya Bapak siapa). Pengurusan surat keterangan tersebut ada di tiga tempat berbeda. Untuk surat keterangan bebas narkoba ada di direktorat kesehatan jiwa, lokasinya gedung yang paling belakang dan terjauh. Untuk surat keterangan bebas TBC ke direktorat jantung dan paru di lantai 3. Terakhir surat keterangan berbadan sehat ada di MCU (nanti tanya aja ke petugas disana).

Kalau saran saya datang lah pagi-pagi untuk daftar di surat keterangan bebas TBC nya dulu karena memang untuk memperoleh surat keterangan yang satu ini prosesnya butuh dua hari. Hari pertama pemeriksaan dari dokternya untuk mendapat surat rujukan tes laboratorium. Kemudian hari kedua proses pengecekan hasil labnya untuk mendapatkan surat keterangan TBC nya.

Nah, sambil ngantri untuk dipanggil ke dokternya (karena memang antriannya cukup lama) kita bisa mengurus surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan berbadan sehat. Pada saat antri pun, karena sudah mepet waktu penutupan pendaftaran, banyak juga para calon-calon pelamar beasiswa LPDP. Nah disini mulailah berkenalan dengan calon teman-teman kita nantinya , siapa tau ada yang menjadi rekan kita saat proses LGD selanjutnya. Anyway, beginilah sekelumit pengalaman pengurusan surat keterangan berbadan sehat, bebas narkoba, dan bebas TBC.

 

About Agung Andiojaya

Simple is better,,, Semoga dengan kesederhanaan ini aku bisa menjadi Hamba yang mendapat Rahmat-Mu dan menjadi hamba yang bermanfaat bagi alam yang Engkau ciptakan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

