//
you're reading...
Uncategorized, Universitas

Mendapatkan Confirmation of Enrolment (CoE)

RMIT University

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, sebenarnya kita bisa menyertakan dokumen LoA unconditional terlebih dahulu atau tidak. Kalau pengalaman saya, pada waktu pendaftaran saya tidak melampirkan LoA unconditional karena memang belum mendapatkannya.

Oh iya, kalau ada yang tanya apa itu Letter of Acceptance (LoA) unconditional dan apa itu LoA conditional. Ketika kita apply ke universitas Luar Negeri (LN), jika kita telah memenuhi semua syarat yang dipasang oleh universitas dan lolos semua spesifikasi itu maka kita akan mendapat LoA unconditional atau artinya kita sudah memenuhi syarat sebagai mahasiswa mereka dan diperkenankan untuk melakukan registrasi ulang diawal kuliah perdana. Istilah LoA untuk beberapa negara berbeda. Kalau di Universitas Australia disebutnya Confirmation of Enrolment (CoE).

Tahapan Mendapatkan CoE.

Sebelum mendapatkan CoE ada beberapa tahapan yang harus kita lalui. Namun secara garis besar pendaftaran ke Universitas ini ada dua cara, terserah langkah yang mana yang kita ambil. Pertama, kita mendaftar sendiri alias mandiri. Kedua, kita menggunakan jasa agen pendidikan seperti IDP, Sun Education, Alfa Link, dll. Yang perlu diketahui adalah service fee nya free alias gratis. Kok bisa gratis? sebenarnya gak gratis sih, mereka akan mendapat bayaran dari universitas yang kita tuju. Maaf ini bukannya promosi tapi untuk share saja ya.

Tapi jangan salah sangka, saya menempuh jalur pertama alias mendaftar secara mandiri. Pertama karena saya kurang info kalau ternyata menggunakan jasa mereka gratis, kedua step pendaftaran yang saya lakukan sudah terlanjur jauh sehingga ketika saya tahu kalau mendaftar via agen itu gratis, step saya waktu itu hanya tinggal menunggu pembuatan visa. But, banyak pengalaman berharga yang saya dapat dari pengurusan sendiri terutama bagaimana kita berkomunikasi dengan pihak universitas yang notabene kita lakukan all in english. Ya lumayanlah for my preparation prior departure.

Oke langsung saja ya, untuk tahapannya, saya ceritakan ketika saya mendaftar ke RMIT.

  1. Pendaftaran di RMIT dilakukan melalui online system yang dinamakan iApply. Pertama kita akan diminta untuk melakukan registrasi untuk mendapatkan akun sebelum mengaksesnya. Disana kita akan mengisi beberapa isian dari biodata s.d. upload dokumen yang diminta. O ya ada sedikit catatan disini, jika kita diminta untuk melampirkan translate dari dokumen kita seperti akta lahir, ijazah, dll pastikan kita mentranslate nya melalui jasa sworn translator yang terdaftar di Kedubes Australia (bisa dilihat di website kedubes).
  2. Setelah selesai dengan iApply, kita tunggu beberapa hari dan voilaa, jika kita masuk sesifikasi student mereka, kita akan mendapatkan Letter of Offer (LoO). LoO ini hanya berupa surat pemberitahuan bahwa kita layak untuk menjadi student disana dan dapat melakukan proses registrasi berikutnya. O ya catatan lagi, LoO ini ada dua macam: conditional dan unconditional. Conditional jika kita masih belum memenuhi satu atau dua syarat yang mereka ajukan tapi masih bisa kita penuhi misalnya nilai IELTS atau pelampiran surat sponsorship. Sedangkan Unconditional jika kita sudah memenuhi semua syarat tersebut.Untuk pengalaman saya, saya waktu itu mendapat conditional LoO karena saya belum melampirkan English Certification dan Diminta untuk mengirim Certified Academic Documents ke alamat mereka. Khusus untuk Certified Academic Documents akan saya jelaskan dibawah nanti.
  3. Selanjutnya, melalui sistem tersebut, mereka akan mengirimkan Dokumen Confirmation of Offer (CoO). CoO ini semacam dokumen yang berisi pernyataan dari kita bahwa kita setuju dengan LoO yang diajukan oleh universitas dan akan melanjutkan ke proses berikutnya. Pada dokumen ini kita akan ditanyakan mengenai sumber pembiayaan, asuransi dan umur. Karena di Australia untuk student dengan usia kurang dari 18 tahun akan diminta ada semacam keterangan pendampingnya.
  4. Setelah mengisi CoO dan mengirimkannya kembali ke universitas, kembali kita menunggu balasan dari universitas. Setelah beberapa hari, kita akan menerima CoE dari universitas yang artinya kita secara resmi diterima menjadi student mereka dan sudah dapat menggunakan CoE ini untuk apply visa ke Australia.

 

Certified  Academic Documents (CAD)

Ada pengalaman unik yang saya alami terkait hal ini. Awalnya saya kira CAD ini cukup syaa kirimkan copy dokumen translate dan bahasa yang telah dilegalisir oleh universitas ke RMIT. Tapi ternyata yang dimaksud disini adalah semacam pernyataan bahwa dokumen ini telah dilihat sesuai aslinya. Eng..ing..eng…Disinilah baru nyadar peran agen pendidikan, ternyata mereka yang melakukan hal ini. Nah akhirnya saya coba kontak mereka bahwa gimana caranya mendapatkan itu. Enaknya, RMIT punya semacam regional officer, dan untungnya Indonesia ada regional officernya. Langsung deh contact beliau dan janjian. Alhamdulillah semua beres.

Kemudian dari regional officers tersebut mengemail scan CAD tersebut dan dua hari kemudian terbitlah CoE dari RMIT. Alhamdulillah,,legaa..

About Agung Andiojaya

Simple is better,,, Semoga dengan kesederhanaan ini aku bisa menjadi Hamba yang mendapat Rahmat-Mu dan menjadi hamba yang bermanfaat bagi alam yang Engkau ciptakan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

